tips agar dipermudah dalam mempelajari al quran

MiracleTips untuk dipermudah dalam mempelajari al quran

Sungguh salah satu yang mahal itu adalah memahami al quran, memaknai ayat ayatnya, dan mengerti maksudnya. Mereka yang paham al quran insyaAllah kan dinaungi hatinya, dan Allah berikan cahaya dalam hatinya. Pemahaman al quran cukup mahal, karena tidak setiap orang juga yang bisa khusyu dalam interaksi dengan al quran. Ayat ayat yang bercerita tentang surga dan nikmat di dengarkan tanpa adanya penghayatan tertentu. Ayat ayat yang bercerita tentang neraka dan siksa, di dengarkan tanpa ada beban dan rasa takut. Al quran layaknya sebuah nada tanpa ada makna, ini yang membedakan.

Maka ada beberapa cara agar kita bisa lebih mudah dalam mempelajari al quran menurut Dr.Aidh Al Qarni..

Pertama, bertaqwa. Sebagaimana dalam firman Allah…. Bertaqwalah dan Allah akan mengajarkanmu… bertaqwa sederhananya membiasakan diri untuk hidup mentaati apa yang Allah perintahkan, serta membiasakan diri untuk menjauhi apa yang Allah larang. Umar bin khattab sendiri memberikan perumpamaan mereka yang bertaqwa layaknya orang yang berjalan melewati jalan jalan berduri, dan orang ini melewati jalan itu penuh ke hati hatian..

Kedua, memperbanyak istighfar. Memperbanyak meminta ampun kepada Allah. Dosa adalah satu bentuk noda hitam dalam hati kita. Ibarat gelas yang diisi air, ilmu adalah cahaya yang masuk ke dalam gelas itu, jika air itu bening, maka cahaya akan masuk ke dalam gelas dengan mudah. Namun jika airnya kotor maka cahaya sulit untuk masuk. Dengan istighfar kita mencoba untuk membeningkan kembali air yang ada di dalam gelas, membeningkan kembali hati kita untuk siap menerima al quran.

Ketiga, bersungguh sungguh dalam mempelajari al quran. Kembali membuka buka lembaran demi lembaran yang kita pelajari. Bahkan ketika kita sudah banyak beristighfar sikap sungguh sungguh mesti terus dijaga. Kita terus berusaha sekuat tenaga kita semoga Allah memberikan pemahaman al quran yang baik kepada hati dan pikiran kita.

Semoga bermanfaat.

Rumah buku iqro – toko buku online

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s