mendidik dengan keteladanan

Mendidik dengan keteladanan

Keteladanan adalah satu poin yang sudah lama hilang dalam dunia pendidikan saat ini. Sering kali yang kita temukan dalam pendidikan sekarang hanyalah sekedar mengerjakan ini dan itu, membaca ini dan itu, praktek ini dan itu. Baik semua siswa hal itu mesti dilakukan, tidak boleh tidak. Tapi sangat bertentangan dengan yang dilakukan oleh sang pendidik itu sendiri. Dia jarang sekali belajar, belajar untuk melakukan apa yang dia suruh kepada muridnya untuk dilakukan.

Kita ingin mengajarkan siswa kita untuk menyenangi pelajaran matematika, ternyata kita sendiri yang mengajarkannya tidak suka pelajaran matematika. Kita ingin yang kita didik itu memiliki sopan santun, ternyata akhlaq kita sendiri juga sangat jauh dari etika sopan santun. Kita ingin siswa kita disiplin dan selalu datang tepat waktu, kita sendiri juga sangat jauh dari budaya tepat waktu dalam kehidupan sehari hari.

Untuk menjadi orang mengajari orang lain, keteladanan adalah kunci yang paling penting. Jangan menunggu untuk dilihat oleh muridmu, lakukan saja karena pada hakikatnya Allah melihat apa yang kita lakukan. Dan jujur saja, diri kita sendiri pasti akan merasa tidak enak jika menyuruh untuk melakukan sesuatu akan tetapi kita sendiri tidak pernah melaksanakan hal itu.

Semoga bermanfaat.

Rumah buku iqro – toko buku online

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s