memelihara rasa penasaran

Rasa penasaran, curiosity kalo bahasa luarnya. Ini bisa dibilang sebagai salah satu poin kunci dalam perkembangan pengetahuan kita. Rasa penasaran akan menuntun kita ke dalam sebuah motivasi tersendiri dalam mengejar sesuatu. Maka ini bisa juga jadi satu alternatif, jika anda merasakan kelelahan ataupun tidak semangat dalam hidup ada rasa penasaran yang hilang dalam kehidupan anda. 🙂

Ketika melewati jalan tertentu, kita melewati jalanan yang di kiri dan kanannya terbentang luas sawah yang hijau. Sejauh mata kita memandang, ternyata yang terlihat hanyalah sawah, sawah dan sawah (kayanya susah juga kalo jaman sekarang nyari jalan kaya gini di kota). Lalu seiring perjalanan itu, kita melihat banyak sekali para petani yang sedang menggarapnya, banyak kerbau juga yang digunakan untuk membajak sawah. Lalu hal aneh muncul, kita lihat ada sosok berwarna merah terang terlihat, setelah mata kita di picingkan, diliat dengan seksama, ternyata warna merah itu adalah kerbau merah. Kerbau ini warnanya merah dari kepala hingga kakinya. dan dia hidup!

jika anda melihat kerbau merah semua tubuhnya apa yang akan anda lakukan?

1. melanjutkan perjalanan?

2. memelankan motor dan melihat lebih serius?

3. berhenti sejenak, mendekati kerbau itu dan bertanya pada petani terdekat?

menjaga rasa penasaran

Jawaban 2 dan 3 adalah jawaban bagi mereka yang penasaran. Lihat apa yang mereka lakukan? ada tindakan! Jawaban no 1 adalah jawaban yang dilakukan mereka yang tak ada penasaran dalam kehidupannya. 🙂 Coba perhatikan, mereka yang penasaran, akan langsung memiliki tindakan nyata mengejar apa yang mereka ingin tahu. Rasa penasaran bisa jadi salah satu sumber motivasi yang sangat kuat, sangat kuat.

Rasa penasaran juga yang menjadi bahan bakar para pembelajar. Para pencari ilmu menggunakan dan memaksimalkan rasa penasarannya terhadap bidang yang dia geluti. Kalo kamu sekarang adalah mahasiswa, dan menggeluti mata kuliah tertentu, ada mata kuliah yang membuat kamu penasaran kira kira bakal semangat atau ga? pasti semangat! Alasannya? Penasaran menjadi cara agar Allah menuntun kita mengerjakan hal itu.

Jadi saudara saudariku semua, jaga terus rasa penasaran anda. Karena dari hal sederhana ini, bisa muncul Kreatif, Keberanian, Semangat serta Perkembangan. Semoga bermanfaat.

Tulisan ini adalah share dari kami : Rumah Buku Iqro – Toko Buku Online

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s