tips bisnis : selalu bertumbuh dan berkembang

tips bisnis selalu bertumbuh dan terus belajarTips Bisnis : Selalu bertumbuh dan belajar

Sebenernya, dalam kehidupan ini Allah sudah memberikan berbagai macam tanda dan petunjuk untuk kita pahami maksudnya, untuk kita renungi nilai yang terkandungnya. Misalnya anda melihat sebuah pohon yang sangat besar, mungkin anda akan biasa biasa saja. Tapi berbeda ceritanya jika anda mengetahui pohon itu dari kecilnya maka ada perenungan yang berbeda ketika anda mengamatinya.

Ketika anda melihat seekor kucing yang berlari kesana kemari, mak mungkin anda biasa biasanya saja, akan tetapi ketika anda mengetahui proses kelahiran kucing tadi, dan mengetahui keadaannya ketika masih sangat kecil maka anda akan sedikit merenungkannya. Inilah yang dirasakan oleh orang tua kita, inilah yang dirasakan oleh setiap ibu terhadap anaknya, dulu ketika kecil begitu ringkih, begitu lemah, namun ketika besar ada kekuatan yang tak disangka hingga akhirnya bisa seperti itu.

Maka ada proses yang sudah pasti berlaku dalam kehidupan ini, selalu tumbuh, selalu belajar akan apa yang terjadi. Pertumbuhan ini selalu memiliki proses, setiap harinya, setiap detiknya mengalami tingkat kemajuan, jika anda perhatikan pohon, dalam setiap harinya maka kita kan mendapatkan tinggi yang berbeda meskipun beberapa mili… maka begitu juga dengan usaha dan bisnis yang anda jalani, pertumbuhan meskipun sedikit, pertumbuhan meskipun lambat, maka inilah hakikatnya, inilah yang mesti kita perhatikan dengan bisnis kita. Sejauh mana bisnis kita tumbuh?

Oleh karena itu berkaitan dengan pertumbuhan ini, ada yang mesti anda perhatikan betul mengenai kecepatan. Kecepatan itu baik tapi bisa sangat berbahaya. Pohon yang tumbuh tinggi menjulang namun akarnya belum terbentuk dengan baik maka hasilnya adalah pohon yang ‘nampak besar namun lemah’ ketika ada angin kecil sdikit bisa langsung roboh juga perusahaan itu.

Yang kedua adalah pembelajaran. Sederhananya ada istilah mengetahui teknis aktivitas bisnis secara keseluruhan dulu, baru belajar untuk memimpin tim karyawan dalam pengerjaan bisnisnya, baru belajar untuk mengelola karyawan menjadi lebih baik.

Maka nilai ini pun berlaku juga untuk anda dan karyawan yang anda miliki, pertumbuhan dan pembelajraan mesti menjadi nilai yang mesti digalakan setiap harinya. Jika karyawan baru anda hanya mengetahui bagaimana cara mengatur barang barang, maka beberapa saat selanjutnya ajarkan dia untuk bagaimana cara berkomunikasi dg orang, bagaimana cara mempunyai tujuan hidup, bagaimana cara memperbaiki sedikit demi sedikit. Terus ajarkan semua itu, dan nilai nilai kemanusiaan ini mesti terus disebarkan kepada setiap orang. Karena pada fitrahnya setiap manusia itu senang diperlakukan seperti manusia, bukan seperti robot, manusia itu selalu belajar, selalu berkembang di setiap detiknya. Robot hanya mengerjakan program yang berada dalam memorinya saja.

Semoga bermanfaat.

Rumah Buku Iqro – Toko Buku Online

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s