kesulitan selalu datang bersama kemudahan

kesulitan selalu datang bersama kemudahanSaat kesulitan datang maka kemudahan juga datang

Beberapa bulan kemarin, cukup sering bagi kita melihat beberapa musibah yang mengguncang negeri ini. Mulai dari banjir, gempa, longsor, hingga musibah musibah kemanusiaan seperti korupsi, pemfitnahan, kecurangan, kebohongan dan lain sebagainya. Kita semua disuguhi oleh berita itu dan secara tidak sadar, hati kita cukup terketuk dan sebagian besar lainnya muncul rasa khawatir dan takut akan hal itu.

Seringkali diantara kita semua sangat sangat berat dalam menghadapi bentuk musibah atapun ujian yang Allah berikan kepada kita. Meskipun ada beberapa yang berkata ‘musibah itu berbeda dengan ujian’ tapi yang ingin kami garis bawahi lebih lanjut dalam hal ini adalah, kedua hal itu datang dengan membawa kesulitan.

Kesulitan dalam mensikapi permasalahan yang datang, inilah yang paling utama. Bisa jadi kesulitan itu hanya dalam keputusan yang mesti kita buat. Saya teringat ketika dulu ujian nasional, sempat kesulitan ketika menghadapi pelajaran matematika, dan keputusannya dulu ‘mencari jawaban sendiri, atau mencontek?’ dulu masih terpikir seperti itu, Alhamdulillah Allah masih menjaga hingga bel berbunyi dan seluruh soal saya kerjakan jujur kerja sendiri.

Saya juga pernah mendapatkan pengalaman seorang rekan, yang ketika memiliki hutang banyak, pilihannya adalah mengambil jalan yang haram ataukah jalan yang Allah ridhai meskipun berbelit belit? Atau seorang rekan yang lain juga ketika dia mau melanjutkan kuliah akan tetapi terkendala biaya yang tidak sedikit, hanya saja biaya yang cukup banyak itu mesti ada di beberapa hari selanjutnya. Yang paling sulit dari semua itu adalah keputusan, keputusan apa yang mesti kita ambil, keputusan seperti apa yang mesti kita turuti.

Al quran menjadi solusi kepada kita semua, Allah mengajarkan kepada kita lewat al quran, bahwa ‘ketika kesulitan datang maka dia datang bersama kemudahan’… bahkan hal ini disebutkan dua kali secara berdampingan. Maka ini adalah pertanda yang sangat jelas, pertanda yang sangat nyata dan tak ada keraguan di dalamnya. Salah satu ciri anda akan berhasil maka tandanya adalah munculnya kesulitan.

Maka dalam kesempatan ini, kami hanya ingin berpesan sederhana kepada anda semua. Ketika kesulitan hadir, maka bersemangatlah, pertolongan Allah sudah datang! Yang mesti kita lakukan hanyalah menyambut kesulitan itu, menghadapinya dengan segala kemampuan yang kita punya dan mendapatkan hadiah yang dijanjikan. Hanya itu yang mesti kita lakukan, karena justru kebanyakan orang malah kabur dan lari ketika kesulitan datang menghampiri mereka.

Semoga bermanfaat.

Rumah Buku Iqro – Toko Buku Online

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s