tips bisnis : mengelola karyawan

tips bisnis mengelola karyawanDalam berbisnis memiliki karyawan menjadi salah satu kunci untuk meningkatkan performa perusahaan ataupun bisnis yang kita jalani. Jika kita masih enggan memiliki karyawan, atau bahkan masih sulit untuk memiliki karyawan, maka usaha yang kita jalani hanya akan berlari sejauh tenaga satu orang yang mungkin bisa dilakukan. Di sisi lain, memiliki karyawan juga, menjadi salah satu jalur estafet rezeki yang Allah berikan pada setiap hambaNya. Kebanyakan usaha, yang memiliki karyawan akan memiliki omset yang cukup juga untuk menutupi kebutuhan karyawannya.

Akan tetapi mengelola karyawan bukanlah hal yang mudah, bahkan bisa dibilang hal paling sulit dalam bisnis justru adalah mengelola karyawan. Bagaimana bisa seperti itu? Hampir banyak usaha yang awalnya berkembang dan berhasil pada awalnya, namun kelabakan ketika memiliki karyawan. Mulai dari tidak bisa menutupi kebutuhan financial, ataupun karyawan yang berkhianat, ataupun karyawan yang kabur dari usaha setelah dia mengetahui A – Z bisnis yang kita jalani ataupun karyawan yang mengkorupsi uang kas kita. Ada beberapa kasus yang menjadikan banyak pengusaha cukup trauma juga dalam menggunakan karyawan dalam usahanya. Tapi dalam artikel ini, kita akan coba untuk membahas apa apa saja yang mungkin kita lakukan, agar peluang karyawan untuk berbuat tidak baik bisa kita hindari.

Hal pertama yang mesti kita perhatikan dalam mengelola karyawan, tempatkan dia sesuai dengan bakatnya. Nah, bakat ini membutuhkan hasil kerja, bukan hanya sebatas wawancara. Bakat ini bisa terlihat dari sejauh mana kualitas hasil kerja yang dia lakukan. Misalnya kita suruh karyawan kita untuk jadi bagian kasir, kita lihat hasil kerjanya, kita lihat rajinnya. Intinya jangan terlalu cepat menerima karyawan, tapi perhatikan hasil kerjanya, setiap orang bisa bicara minat dan bakatnya dalam hal apa, tapi rajin dan disiplin seseorang menentukan segalanya.

Hal kedua, buat system sehingga anda bisa menjaga uang anda. Dan karyawan anda tidak memiliki kesempatan untuk berbuat curang terhadap uang ataupun barang yang anda miliki. Banyak karyawan yang korupsi terhadap uang perusahaan, karena banyak peluang untuk melakukan itu. Misalnya, pelaporan pencatatan belanja dan uang masuk. Atau uang kas yang terpakai oleh karyawan. Ada baiknya hampir setiap hari, kita mendapatkan laporan keluar masuk uang dan mendapatkan uang cashnya juga. Sehingga kita bisa cek langsung akuratnya laporan keluar masuk dan sisa uang. Jika anda punya stok barang, perhatikan juga stok yang anda punya, buat system pelaporan yg sederhana, tapi anda bisa melihat ketersediaan stok barang anda setiap harinya.  Pernah disebuah rumah makan, dia punya gurame yang sering dikorupsi karyawannya, setiap pagi karyawannya ini beli gurame 10 kilo, lalu dia jual lagi ikan tadi ke rekanannya, dia dapat untung, lalu dia beli lagi 10 kilo untuk sampe ke rumah makannya. Jika kita tidak cepat bisa mengecek ketersediaan stok, uang yg kita punya dengan laporan belanja uang masuk. Lama lama uang kita bisa habis dengan sendirinya.

Hal ketiga, cobalah buat suasana kerja yang menyenangkan. Sehingga karyawan memiliki passion serta kebahagiaan tertentu terhadap usaha yang anda jalani. Jika perlu libatkan mereka juga dalam beberapa inovasi perusahaan yang ingin anda jalani.

Hal keempat, jika perusahaan itu ada A – Z aktivitas bisnis, jangan anda berikan A – Z nya ke semua karyawan anda. Anda harus memiliki peran juga, misalnya di A, atau di X sehingga karyawan tidak mengetahui semua hal hal dalam bisnis anda. Apa gunanya ini? usaha anda masih memiliki rahasia yang hanya anda yang ketahui. Kalo semua rahasia karyawan tau, maka ada saja peluang dia keluar dari perusahaan anda dan membuat usahanya sendiri.

Demikian beberapa tips mengelola karyawan yang bisa anda lakukan. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s