pengalaman pengusaha : menjemput janji Allah

Alhamdulillah, kemarin kita sempat bareng bareng berangkat ke Rumah Makan Cibiuk di jalan Soekarno Hatta Bandung. Pertemuan singkat dan berkesan itu memberikan semangat serta cara berpikir baru buat kami semua. Alhamdulillah, Allah mempertemukan kita juga dengan pa Iyus, owner serta pimpinan Rumah Makan Cibiuk. Mungkin kita akan coba mensharekan dengan teman teman pembaca semua apa yang telah kita bincangkan meskipun pastinya tidak akan persis sama seperti yang disampaikan kemarin. Dan kita akan bagi kedalam beberapa seri.

IMG04486-20060328-1050dalam sesi pertama ini insyaAllah yang ingin kita bahas di awal adalah, Janji Allah… Menjemput janji Allah.

Rumah makan cibiuk itu diawali dari minus. Bukan lagi dari nol… maka secara modal dan keuangan, bisa dibilang cukup sulit juga ketika itu… Tapi ya alhamdulillah saya punya mimpi, punya doa, punya beberapa hal yang sebenernya bisa kita lakukan… (pa Iyus)

Saudara saudari semua. Pesan sederhana ini mengemukakan dan mengingatkan kembali kepada kita semua, bahwa untuk mendapatkan keberhasilan itu, untuk mendapatkan kesuksesan itu adalah hak untuk setiap orang. Setiap orang memiliki kesempatan yang sama, serta memiliki modal yang sama. Jika modal untuk mendapatkan kesuksesan itu uang, maka hanya orang orang kaya saja yang berhasil, jika modal untuk mendapatkan kesuksesan itu adalah jaringan, maka hanya orang orang yg punya banyak teman saja yang berhasil. Memang benar seperti itu, akan tetapi ada modal yang lebih awal kita jarang perhitungkan. Modal yang setiap orang punya, tapi tidak setiap orang memanfaatkannya. Modal itu adalah doa, ibadah, ikhtiar yang kita bisa.

Awalnya mungkin kita kesulitan dengan masalah yang kita hadapi, tapi sering kali mind set kita mencari solusinya itu ke hal yang bukan tempat solusi. Ada satu pesan yg paling saya inget dari pa iyus kemarin….

Apa yang bisa kamu lakukan agar bisa mendekatkan diri kepada Allah? hah… apa hubungannya dengan Allah? kan rezeki itu Allah yang ngasih, jadi kita harus ngedeketin diri sama Allah…. coba sekarang apa yang bisa kamu lakuin, berdoa bisa? bisa…

terus apa lagi? bisa ga sholat tepat waktu?… kayanya bisa ustad..

terus apa lagi? bisa ga sholat tahajud? sholat malem… semoga bisa juga ustad..

terus apa lagi? bisa ga tilawah? bisa sih ustad, tapi ga banyak banyak juga, paling 1 halaman 1 hari..

sholat duha gimana? sholat sunnah gimana?

jadi inti sederhananya… kita ingin mendapatkan rezeki, tapi kita sendiri jauh dari Allah… jadi yang mesti kita perbaiki terlebih dahulu ya, perbaiki hubungan kita sama Allah, perbaiki interaksi kita dengan Allah….

Allah punya janji untuk memberikan rezeki pada hambaNya, tapi kita sendiri jauh dari Allah… jadi ya rezeki yang dikasih juga seadanya aja.

Rumah makan cibiuk itu awalnya bukan bisnis makanan, tapi pemasok beras. Dulu hampir 1 tahun lamanya, memasok beras ke salah satu rumah makan terkenal di Garut, dulu ada peluang memasok beras disana karena kebutuhan beras yg tinggi di rumah makan tersebut. Tapi lama kelamaan… saya pengen juga punya rumah makan… (pa iyus)

Kita pengen masuk ke bisnis yang belum pernah kita geluti, yaa mimpi aja, berdoa aja, sering sering masukin ke dalam doa, sering sering minta pang doain ke orang tua, ke istri, ke yang lain juga.. terus lakukan 3 hal. Bersabar – Belajar – Berusaha.

3 hal ini, itu udah sunnatullahnya… sunnatullah itu ya emang sudah begitu dari sononya.. kalo kita pengen berhasil, tapi ga ada 3 hal ini, susah juga. Kita pengen berhasil, dan kita yakin bahwa janji Allah itu bener, tapi sunnatullahnya ga kita lakuin sama aja boong, sama aja pengen manah orang tapi panahnya ga kita siapin, busurnya ga kita siapin.

Jadi menjemput janji Allah itu… perbaiki hubungan kita dengan Allah, perbaiki interaksi kita dengan Allah, lakukan sunnatullahnya dengan baik, perbanyak minta didoain sama orang tua, sama ibu, sama istri, sama teman teman juga…

 

insyaAllah lanjutannya di postingan selanjutnya.. tema postingan hari ini,

menjemput janji Allah. Semoga bermanfaat

sedikit perkenalan, rombongan kami yang termasuk hadir kesana

Juragan buku

Owner dan pimpinan AKAR

Juragan sepatu

Juragan parfum

rumah buku iqro – toko buku online 

 

 

2 thoughts on “pengalaman pengusaha : menjemput janji Allah

  1. apakah janji Alloh cuma berlaku buat org normal? misalnya.. janji Alloh.. org yg mau bertaqwa, Alloh akan memberi kebahagian hdup nya kpd org itu. barang siapa mempermudah org lain, Alloh akan mempermudah org itu. gw juga sering baca di intrnt, org2 yg rajin puasa, tahajud, sedekah dll mrk mudah dpt jodoh dan rejeki. hdup enak dll. itu khan krn mrk org2 normal. kalau gw cuma org bodoh dan lemah.. meski gw baik, jujur, suka menolong. meski gw rajin puasa, tahajud, dhuha dll. nasib gw gk pernah berubah. gw tetap nganggur dan jomblo. gw nyari jodoh dan rejeki sngt sulit dan sering dijahati org.

    1. buat Vendra yang baik, sebenernya kiat semua juga bodoh dan lemah… yang pasti jangan sampai kita putus asa dan terus syukuri apa yang sudah Allah berikan pada kita…
      banyak orang yg dia punya harta melimpah, tapi dia ga bahagia, banyak orang yg sudah punya pasangan hidup, menikah, tapi mereka ga bahagia… hidupnya ga nyaman, dan mereka ga mau berubah…
      nah… buat kita pastinya ada hikmah dalam setiap kehidupan kita, kita hanya terus berharap janjiNya, dan terus ikhtiar sekuat yang kita bisa…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s