mengapa di indonesia jumlah pengusaha sedikit

Mengapa jumlah pengusaha sedikit di Indonesia?

Mungkin ini yang menjadi permasalahan sebagian orang yang ada di negeri ini, banyak yang bertanya, banyak yg mempertanyakan kenapa semua ini bisa terjadi di Negara yang begitu kaya ini. mungkin ibarat jika Indonesia ini adalah seseorang. Maka Indonesia ini adalah seseorang yang sangat kaya, biasanya mereka yang kaya akan mulai melupakan bagaimana mesti mencari uang, yang ada hanyalah menikmati dan kurang menghargai kekayaan yang dimiliki. Begitupula dengan negeri ini, negeri ini dipenuhi kekayaan yang sangat berlimpah, dari mulai hasil pertaniannya, hasil perkebunannya, hasil perikanan dan hasil lautnya, sangat banyak dan berlimpah. Akan tetapi kenapa hingga saat ini justru banyak dari pengelola semuanya itu hanyalah dari asing. Bukan dari negeri sendiri. Kembali kita tanyakan, mengapa jumlah pengusaha di Indonesia ini sangat sedikit? Coba anda tanyakan sendiri.

Nah, untuk menjawab pertanyaan mengapa jumlah pengusaha di Indonesia ini sedikit, kita coba untuk membahasnya dengan membalikan pertanyaan itu. Biasanya mengapa itu bisa kita temukan alasannya jika kita mengetahui bagaimana jika itu terwujud. Jadi yang kita bahas adalah, kira kira akan seperti apa negeri ini jika pengusahanya semakin banyak?

Jika di Indonesia ini memiliki pengusaha yang banyak, cukup banyak katakanlah. Maka yang bisa terjadi adalah beberapa hal sebagai berikut. Pertama, masyarakat yang ada di Indonesia akan semakin mudah untuk mencari pekerjaan. Semakin mudah untuk mencari pekerjaan, maka dampak yang paling signifikan adalah pengangguran berkurang, jika pengangguran berkurang maka kemiskinan akan semakin menghilang. Sebuah Negara yang jumlah pekerjaannya sedikit, maka akan memberikan kesulitan yang sangat besar bagi rakyatnya dalam mencari pekerjaan, ketika gelombang pengangguran yang mencari pekerjaan semakin besar tapi kesempatan bekerja hanya terbatas maka yang terjadi adalah menggunungnya pengangguran.

Kedua, semakin banyak dan sejahteranya masyarakat Indonesia. Tak bisa dipungkiri, kemiskinan hadir karena ketidakberdayaan, ketidakberdayaan bagi kebanyakan orang adalah tidak bisa bekerja atau tidak memiliki penghasilan. Maka jika hal ini terpenuhi, maka kesejahteraan setiap orang bisa terangkat dan kesejahteraan dalam suatu wilayah bisa meningkat cukup signifikan. Seseorang yang memiliki pekerjaan dengan yang tidak akan memiliki tingkat kepercayaan diri yang berbeda. Begitu juga dalam segi pengambilan keputusan akan terpengaruhi juga sesuai dengan tingkat kesejahteraan.

Ketiga, rakyat yang semakin adil dan rukun dalam berkehidupan. Tingkat kriminalitas akan berkurang, berkurang sangat drastis, karena kesejahteraan merata atau bisa didapatkan dengan mudah. Maka orang orang yang ingin berbuat criminal akan lebih sdikit lagi. Jika hari ini banyak yang melakukan criminal karena ‘kebutuhan yang tidak terpenuhi’ akan tetapi jika sudah pada sejahtera maka alasan untuk berbuat kejahatan akan berkurang. Yang ada hanyalah keinginan untuk memberikan manfaat.

Mungkin kita baru kupas 3 dulu, apa yang akan terjadi jika Indonesia memiliki jumlah pengusaha yang cukup banyak. Sekarang kembali mari kita tanyakan, mengapa jumlah pengusaha di negeri ini sedikit?

Sekian.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s