Belajar Mendengarkan

active listeningMendengarkan, ini adalah salah satu modal yang Allah berikan kepada kita semua. Hanya saja banyak dari kita yang masih belum bisa memaksimalkan hal ini. Begitu banyak orang yang saat ini, ingin untuk didengarkan…. tapi di antara mereka sangat sedikit bahkan langka orang orang yang memiliki keahlian untuk mendengarkan.

Anda pernah lihat salah satu praktek para psikolog? Apa yang paling banyak mereka lakukan? Mendengarkan keluhan pasien. Bahkan bisa dibilang beberapa psikolog yang hebat memberikan nasihat nasihat kepada pasien ini dari pertanyaan pertanyaan yang sehingga pasien itu bisa menjawab dan mengetahui solusi atas permasalahan yang sedang dia alami.

Jadi yang mengeluarkan solusi itu siapa? Pasien itu sendiri, Psikolog itu yang mengarahkan dia untuk “berkomunikasi dengan dirinya sendiri lalu mendengarkan apa kata hatinya”.

Banyak orang yang sedang punya masalah, dan yang mereka butuhkan hanyalah teman untuk mendengarkan keluhannya. Banyak juga orang yang ketika ada masalah, lalu dia curhatkan masalah itu, maka seakan akan masalah itu hilang. Ada beban yang berkurang dalam dirinya, dalam pikirannya. Jadi, perhatikan….. di dunia ini, saat ini, sangat sangat sangat dibutuhkan orang orang yang memiliki kemampuan mendengarkan.

Lalu bagaimana caranya? ini bukanlah hanya sekedar duduk diam dan mendengarkan apa yang lawan bicara anda katakan. Seorang pendengar yang baik, memiliki satu misi sederhana. Mencoba untuk memahami dan merasakan masalah yang sedang dibicarakan atau dikeluhkan padanya. Meskipun anda tidak menjawab atau tidak memberikan nasihat kepada orang yang sedang berbicara di depan anda, biasanya itu sudah cukup, sangat cukup. Prinsipnya, dengarkanlah dengan telingamu, bukan dengan mulutmu.

Para wanita memiliki kebiasaan mendengarkan dengan sangat baik dibandingkan para pria. Oleh karena itu, banyak banyaklah belajar dari mereka.

7 thoughts on “Belajar Mendengarkan

  1. Para wanita memiliki kebiasaan mendengarkan dengan sangat baik dibandingkan para pria. Oleh karena itu, banyak banyaklah belajar dari mereka.—- benerean ini min ?. Saya lebih banyak melihat wanita yang dominan bicara dari pada mendengar….:). but nice posting..

    1. yup beneran, dan kata mas wanita lebih dominan bicara bener juga ๐Ÿ™‚ jadi wanita itu lebih banyak mendengar, dan lebih banyak bicara itu beneran… hehe, biasanya sebagian besar laki laki itu cuek, dan kecuekannya ini yg bikin ga terlalu suka mendengarkan orang lain… ๐Ÿ™‚

      1. mg makin banyak laki laki kaya mas, soalnya banyak keretakan rumah tangga itu justru karena laki laki yg susah banget buat mendengarkan istrinya… begitu mas ๐Ÿ™‚

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s