bagaimana cara mendidik anak ketika anak tidur

MENDIDIK ANAK SAAT IA TERTIDUR

                Dunia kedokteran, psikologi dan pendidikan terus berkembang hingga pada tahap yang kadang aneh namun menghasilkan sebuah fakta yang cemerlang. Apa yang Anda rasakan ketika Anda tidur? hampir semua sepakat bahwa saat tertidur seseorang seperti tengah lumpuh. Saat tidur lelap kita sering tidang mendengar, tidak merasakan segala kondisi di lingkungan kita. Tapi ternyata di masa ini adalah masa yang baik untuk mendidik anak-anak kita. Bagimana caranya?

                Caranya sederhana saja. Anda hanya perlu menyiapkan beberapa kata atau sepenggal kalimat baik yang Anda harap kelak anak-anak kita akan menjadi seperti kata-kata itu. Misalnya “Anak hebat, Anak Pintar, Anak Sholeh” atau secara spesifik “Anak Baik yang sukses dalam kebaikan”, apa saja selama kata-kata itu adalah kata yang positif. Selanjutnya tinggal Anda mempraktekannya dengan syarat “Kontinuitas” atau konsisten.

                Pertama, kita sebagai orang tua, guru atau kakak harus mengetahui kapankah anak-anak kita merasa mengantuk. Inilah kesempatan kita. Saat anak mulai mengantuk, atau bahkan baru tertidur, dekatilah ia, bisikkan kata-kata itu kepadanya. Bahkan ada seorang ayah yang sengaja membiarkan anaknya tertidur di sofa, tujuannya adalah agar si anak bisa dibangunkan untuk pindah ke kamar. Saat anak masih tertidur ia membangunkan dengan kalimat “ayo anak sholeh, pintar, pindah ke kamar”.

                Kedua, saat ia akan kita bangunkan di pagi hari. Tak usah membentaknya saat ia tak mau bangun, justru saat kondisinya mengantuk namun berusaha bangun itulah saat terbaik Anda bisikkan kata-kata tersebut. Dekati ia dan katakan “Ayo anak jagoan bangun..”. mengguanaka kata persuasif seperti “Ayo, Mari, Yuk” akan menambah efek tersebut.

                Sederhana bukan ? Anda hanya tinggal melihat hasilnya, targetkan untuk rutin melakukan selama 40 hari misal, dan lihat hasilnya! Hal ini bisa terjadi karena saat mengantuk seseorang dalam keadaan otak bergelombang alpha, gelombang ini adalah penghubung antara alam nyata dan alam bawah sadar. Maka kata-kata yang kita sampaikan saat anak akan tertidur, atau akan terbangun dari kenyamanannya akan masuk ke dalam otak bawah sadarnya, menstimulus pikirannya. Secara tidak langsung ini mirip dengan hypnosis.

                Kondisi saat otak dalam gelombang alpha ini hanya berlangsung beberapa menit saja sebelum akhirnya otak masuk ke dalam kondisi delta atau tubuh dan pikiran beristirahat total. Maka manfaatkan sebaik mungkin, temani saat anak kita mulai nampak lelah. Selain saat mengantuk, kondisi alpha juga hadir saat anak merasa rilex, sehabis mandi atau saat ia melakukan hobby nya. Hati-hati jangan biasakan anak tertidur saat menonton televisi(apalagi film yang tidak mendidik), karena jika demikian, apa yang ia lihat di TV akan menjadi stimulus otaknya.

                Selamat mencoba. Cocok untuk semua anak, lebih baik jika dibiasakan sejak dini. Karena saat terlahir otomastis telinga bayi sudah mampu mendengar dan mengantarkan suara itu ke otaknya. Bahkan saat masih dalam kandungan Bunda. Metode ini telah berhasil memberikan efek yang baik, meski belum di publish secara umum namun tak ada salahnya Anda mencoba. Semoga sukses J

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s