dede luchuuu

tips tidur nyaman : Mencegah Hantu Eureup-eureup.

Mencegah Hantu Eureup-eureup.

Ayo.. siapa yang belum pernah merasakan Eureu-eureup??

Rasanya hampir semua orang pernah merasakan ini, Suatu kondisi dimana seseorang disaat tidurnya tiba-tiba merasakan tubuhnya tak mampu digerakan! Ada rasa sesak nafas, takut, keringat dingin, ingin nangis tapi tak bisa, ingin teriak apa lagi.. ^_^

Sering juga seseorang merasa ada orang lain di sisinya, dengan perawakan besar, rambut panjang, dan tak berwujud. Nah loooh!

Sayangnya, banyak orang yang menganggap ini ada kaitannya dengan dunia mistik. Ada pengaruh jin yang katanya memang hadir dan mengganggu kita.

Pada kenyataannya, ini adalah cara ALLAH mencintai hamba-hamabaNya. Subhanallah.

Simak faktanya!

Eureup-eureup adalah sebuah kondisi yang secara ilmu kedokteran dikenal dengan paraysis nocturna.

Kenapa ini pertolongan Allah???

Keadaan ini adalah sebuah kelumpuhan tidur yang terjadi secara otomatis, dimana tubuh mengnonaktifkan seluruh otot demi keamanan. Jika tidak demikian, orang bisa melakukan apapun yang ada dalam mimpinya. Kebanyakan eureup-eureup terjadi karena mimpi yang dialami adalah buruk.

 

Tahun 2002, seorang pria di Bangkok menembak mati istrinya sendiri ketika ia bermimpi menghadapi perampok yang beringas. Hal serupa terjadi pada Mary Josephine, 16 tahun asal Kentucky AS, dalam mimpinya ia melihat banyak perampok masuk ke rumahnya, reflex ia mengambil senapan berburu ayahnya untuk menembak perampok itu, namun naass ayah dan adik laki-lakinya menjadi korban. Tewas di tempat.

Lebih mengerikan lagi, seorang wanita bermimpi rumahnya kebakaran. Namun faktanya, ia benar-benar melemparkan anaknya ke luar jendela dari lantai atas untuk menyelamatkan sang anak.

Sebenarnya kejadian-kejadian di atas adalah fase ngelindur. Ngelindur terjadi saat seseorang sebenarnya dalam tahap sedang tidak bermimpi atau dalam tahap REM (Rapid Eye M

ovement)-otot biasanya mengalami kelumpuhan-, sayangnya pada kasus di atas, REM tidak berfungsi akibat adanya penyimpangan.

Pada ereup-ereup seseorang berada dalam keadaan Non REM . Pada kondisi normal, seharusnya tubuh seseorang mampu menonaktifkan seluruh otot secara otomatis, sehingga mampu mencegah seseorang untuk bertindak yang tidak-tidak. Sayangnya, ketika kita akan mulai tersadar dari mimpi itu, informasi datang terlambat. Bila informasi datang cukup terlambat, lebih dari semenit, maka alarm kesadaran penderita segera menginformasiikan bahwa ia tak dapat bergerak.

Hasilnya..dalam keadaan setengah sadar, otak kita menginformasikan tubuh tak dapat bergerak. Sehingga muncullah segala hal yang menakutkan akibat ilusinasi kita sendiri.

ruqyah edit

Apakah berbahaya?? Tidak, biasanya dalam waktu beberapa menit tubuh akan normal kembali. Mungkin berbahaya buat psikis sedikit..hehe

Tapi Maha Besar ALLAH yang ingin menjaga kita ya?

Cara agar kita tidak ereup-ereup adalah sebagai berikut : (Menurut Dokter)

1. Tidur yang cukup tidak berlebihan. (Kata Rasul juga gitu, sholat malam..jangan tidur aja)

2. Hindari tidur di waktu pagi dan sore. (Kata Rasul juga jangan tidur pagi, menghalangi rizki. Juga jangan tidur sore..)

3. Olahraga teratur (hindari olahraga yang dekat dengan waktu tidur)

4. Kurangi Stress (Sholat mengurangi stress looh)

5. tidur dengan waktu teratur

6. JANGAN LUPA BERDOA SEBELUM TIDUR! (bagus lagi kalo sholat dulu ^^)

Alhamdulillah, Allahuakbar. Sekali lagi..Allah mencintai kita kawan..

Fabia ayyi alaa iRobbikuma tukadzibaan??? Lalu..nikmat Tuhanmu yang mana lagi kah yang kamu dustakan????

Sumber: Cakrawala-Pikiran Rakyat edisi Kamis, 10 Mei 2007-22 Rabiul Akhir 1426 H (koleksi pribadi, yang butuh artikel cakrawala mangga kontak http://www.rumahbuku iqro.com ^^)

16 thoughts on “tips tidur nyaman : Mencegah Hantu Eureup-eureup.”

  1. Tapi saya terkena ereup di sa’at saya tidak bermimpi,bahkan baru saja saya memejamkan mata,telinga serasa berdengung,kejadian ini sering sekali terjadi,kenapa ya?

    1. wah.. kenapa ya mas, jarang juga yg seperti itu. coba berdoa sebelum tidurnya diperlengkap lagi mas, terus posisi tidur jg diperhatikan, terus usahakan sebelum mau tidur hilangkan dulu pikiran dari yang mumet mumet… relaks aja…

      1. Saya pernah bbrp kali mengalami hal tsb, ketika bisa gerak, sy bangun gerak2kan badan kmdn tdr lagi dg posisi dirubah, bantal di balik, ternyata tetap hal tsb terulang lagi. Ternyata yang paling mujarab, sebelum tidur : baca Al-Ikhlas 3X Al-Falaq 3X An-Nas 3X lalu Ayat Kursi ter akhir baca Do’a tidur dengan Syarat Jangan tinggalkan Sholat LIMA WAKTU, bagi Laki2 USAHAKAN SEKUAT-KUATNYA untuk BERJAMA’AH di Masjid/Musholla.

  2. saya sering mengalami eureup-eureup saat belum benar-benar tidur pulas, dan selalu ngerasa ada yang menangis dibelakang tubuh, tubuh saya terasa dingin, itu kenapa?

    1. kenapa ya? mba takut sama hantu ga ya? atau maksudnya suka nonton film horor terus kebayang bayang terus gitu… biasanya sih begitu mba, paling yg bisa kita lakukan juga yaa coba untuk lebih berani, berdoa sebelum tidur, dan yakin ada Allah yg selalu ngejaga kita…🙂

  3. Saya juga pernah😄, waktu itu seperti mimpi tapi nyata saya sadar😄, tapi saya ga takut, cuma liat liat sekitar aja kok aneh gini ga bisa gerak😄.

  4. klo sya tiap malem (6 dari 7 malem) suka kya gitu, knpa yaa?
    berasa tuh di atas kpala ada yg ribut-ribut, pdahall ktanya klo kita tindihan tipsnya : ngeludah 3x ke kiri, & posisi tidur berpindah tmpat
    apa ada hubungannya dg hal mistik ?

  5. Saya sering sekali kena eureup2,tapi pas mau tidur bgt,jadi posisi msh sadar,tapi mata udah merem,takut bgt,soalnya pas lagi kena eureup2 suka serba kdengeran,yg ngejerit lah,suara gemuruh lah,sampe2 takut buat ngelanjutin tidurnya jga

  6. lain ceritanya kawan,,dulu sy prnah bobo di masjid ketika sedang i’tikaf,,waktu itu di tanggerang perumahan dasana indah,,di kawasan elit,tentunya masjidnya kebanyakan loteng,,sy dan beberapa teman sy tidur di lantai atas,memang itu masjid baru setengah jadi,seperti biasa sebelum bobo sholt2 sunnah dulu,baca qur’an dan pastinya menggunakan adab2 tidur,,ketika sy mulai memejamkan mata,,tiba2 dari atas kaya semacam ada raksaksa yg menindih,kemudian mata sy sedikit terbuka dan terlihat di depan sy seperti ada pocong,ya itulah eureup2,,sampai sekarang sy masih cari tau terus apa itu eureup2,,sebab lain apa cerita dari orang tua,,namun apapun yg terjadi dalam tidur,,mengamalkan adab2 tidur itu penting,,biar skalipun kita mati tp kita mati dalam ke’adaan menghidupkan sunnah yg mulia baginda Nabi Muhammad saw….

  7. Saya juga pernah mengalaminya, bahkan berkali kali. Saya sudah baca doa tidur baca, al fatihah, qulhu, qul falaq, dan qulnas juga nggak ngaruh2. Mungkin itu karena faktor kecapean atau tidurnya kurang bener. Setelah saya beberapa kali baca doa ayat kursi mereka nggak ganggu lagi tuh..😀

  8. Saya pernahh mass waktu itu saya jarang banget sholat soalnyaa males banget tapii waktu saya tidurr sayaa ngebuka mataa dan saya melihat makhluk gaib kuntilanak nempel di atap rambutnya sampe kena idung sayaa teruss banyak belatung yg turun ke muka saya mas saya ngejerit nggada suaranya yaudah deh saya pasrahh tapi saya denger suara kuntilanak itu bilangg”sholaattt laksanakeun sholat” saya kaget tapi pas udah 20 menitan saya bangun terus ke kamar bapa sayaa katanya sihh saya disuruh sholatt nahh darisituu awal awal saya mulai sholat alhamdullilah ngga pernah kelewat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s