masalah pendidikan : ketika anak terlalu jenuh

sumbergambar: tuyoarumgo.blogspot.com

masalah pendidikan satu ini juga cukup sering ditemukan. bosan. pendidikan adalah proses transfer ilmu wawasan semangat dan sikap. dan pada dasarnya ketika anak sedang mengalami masa ‘bosan’ dalam pembelajaran yang dia alami. maka jangankan untuk menangkap apa yang diterangkan atau disampaikan, untuk sekedar memperhatikan lebih jauh pun menjadi salah satu perjuangan yang hebat bagi si anak.

oleh karena itu, apa yang mesti kita lakukan ketika anak jenuh? sederhana sih…. tapi kadang sangat sulit dalam penerapannya. bahkan saya pribadi juga merasakan kesulitan yg luar biasa itu. tapi kalo dicoba dan bersabar dalam segala ikhtiar itu pasti bisa. caranya adalah, dengan memberikan permainan permainan dan segala hal yang mampu mengundang interaksi siswa kepada pelajaran (atau khususnya kepada gurunya)

caranya? terserah apapun caranya, yang penting mereka berubah minimal secara sikap, dan pada akhirnya mereka mau bergerak secara positif dan menjadi lebih baik.

seperti halnya, ketika suasana kelas sedang begitu jenuh, tiba tiba guru tersebut mengambil spidol papan tulis dan dengan lincah menggerak gerakkan tangannya, sekian gerakan yg terukur dan akhirnya…. “jadilah gambar gajah!” semua siswa memandang gambar itu dengan cukup teliti, dan beberapa diantaranya tertawa (karena guru itu sengaja membuat gajah dengan posisi duduk dan tersenyum) dimulai dari gambar ini lalu terus berlanjut hingga akhirnya perbincangan masuk ke berbagai topik, interaksi siswa dan guru muncul dan akhirnya materi pembelajaran pun disampaikan,

 

sulit memang, apalagi ketika sang guru itu sendiri merasakan kebosanan yg sama.

tapi insyaAllah perlahan dan penuh dengan kesungguhan dan kesabaran, insyaAllah bosan pada anak mampu kita berikan penawarnya

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s