memperbaiki diri, masalah pendidikan paling serius!

Masalah pendidikan yang paling serius saat ini adalah, memperbaiki diri sendiri. Bukan sistem pendidikan, bukan sarana pendidikan, bukan media pendidikan. Bukan semua itu. Tapi menurut saya pribadi, memperbaiki diri sendiri, atau lebih tepatnya kesadaran setiap orang untuk memperbaiki diri sendiri adalah masalah yang paling serius.

 

Karena bisa dibilang, seluruh permasalahan yang ada itu muncul dari individu yang bermasalah. Negara yang korup, pada dasarnya negara itu dipenuhi oleh banyak orang penting yang korup. Sekolah yang bobrok akhlaqnya, karena pada dasarnya sekolah itu kehilang pribadi pribadi yang memiliki akhlaqul karimah, sehingga para siswa lahir dengan moral seadanya. Pengusaha yang culas, karena setiap individu pengusaha itu yang hilang jauh orientasinya dan hanya memikirkan dirinya sendiri. Apapun masalah kita, masalah negeri ini, semuanya bermuara pada 1 hal, memperbaiki diri sendiri.

 

Oleh karena itu, memperbaiki diri sendiri adalah hal mutlak, bahkan dalam pendidikan di jenjang sekolah, kuliah sekalipun. Kita ingin siswa siswi yang kita ajar menjadi pribadi yang baik dan berkarakter? Solusinya adalah perbaiki diri kita menjadi lebih baik. Kita ingin negeri ini menjadi bebas dari korupsi? Solusinya adalah perbaiki diri kita menjadi lebih baik. Kita ingin para mahasiswa menjadi lebih manfaat? Solusinya adalah perbaiki diri ktia menjadi lebih baik.

 

Tak perlu banyak teori bagaimana memperbaiki diri yang baik itu seperti apa? Pada dasarnya setiap kita itu memiliki satu kebutuhan yang semuanya memilikinya. Kebutuhan akan tujuan hidup, tujuan akan kebermanfaatan kepada sesama. Jadi sederhananya, apa yang mesti kita perbaiki agar hidup menjadi lebih baik?

 

Apa yang akan kau lakukan dalam hidup ini sehingga Allah meridhaimu?

Apa yang akan kau lakukan dalam hidup ini sehingga kau bermanfaat bagi orang orang di sekelilingmu?

 

Jawab pertanyaan ini dan mulailah berubah dari sekarang.

 

@febrianadila.wordpress.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s