membaca cepat ala rumah buku iqro

sering sekali kita dengar speed reading, membaca cepat. apalagi dengan kondisi banyaknya info yang kita peroleh saat ini, mulai dari koran berita di internet, bahkan status status teman kita di FB, twitter dan masih banyak lagi info tertulis yang harus kita baca. Oleh karenanya kemampuan speed reading kita, sangat berguna sekali agar apa yang kita baca mampu kita serap secara optimal dan waktu kita hanya sedikit yang kita gunakan. Bukankah ini untung?

ok yang kita bahas sekarang adalah beberapa triknya.. : TRIK AGAR bacaan kita CEPAT dan EFEKTIF juga!

namun yang pasti, trik ini harus kita latih dan berproses, tidak mungkin kita menguasainya bila kita tidak terbiasa, langsung saya simpulkan saja ya…. TERBIASA! inilah kuncinya.

Semenjak kami Allah beri amanah untuk memiliki toko buku Rumah Buku Iqro, alhamdulillah kami jadi salah satu Pelahap Bacaan…. hehe, artinya yaa makin banyak buku yang kita baca, karena yaa jadi bisnis buku punya kesempatan tuk membaca lebih banyak apa yang kita jual..

ok, let’s go to the point!

pertama….  STRONG WILL!

keinginan yang kuat kita dalam membaca, akan membantu hasil yang akan kita dapatkan. kalo kita tidak punya keinginan khusus dalam membaca buku tertentu. maka salah satu efeknya adalah, hambar… tak ada rasa.. tak ada cita.. buku tamat, disimpan di lemari, dilupakan dan apa yang pernah dibaca hilang sudah…

artinya apa? waktu yang kita pakai untuk membaca terbuang sudah, karena BACAAN KITA TAK KITA INGAT INGAT LAGI, INGAT SAJA TIDAK APALAGI DILAKUKAN

selalu coba untuk memiliki strong will yang tinggi. semakin tinggi, semakin baik. caranya? sederhana, tanya pada diri sendiri, “buat apa saya membaca buku ini?” atau pertanyaan pertanyaan seperti “kalo saya ga ngerti, gimana bisnis saya bisa lancar?” begitulah… coba hubungkan apa yang kalian baca dg apa yang kalian akan dapatkan

kedua…. TEKNIK

perhatikan gambar berikut

saya tidak bisa menggambar hehe, maaf gambarnya lucu mungkin ya… tapi kita lihat, arah dan tanda panahnya, sebenernya ini adalah kebiasaan kebanyakan orang dalam membaca suatu artikel atau buku… mereka mulai dari sisi kiri paling atas, lalu membaca “satu persatu kata” dari kiri atas sampai ujung kanan atas… setelah beres maka mata diarahkan ke baris dibawahnya di kiri atas dibaca kembali “satu persatu kata” hingga ujung kanan… dan begitu seterusnya hingga bacaan ini selesai,

betul tidak? nah… inilah salah satu kenapa membaca kita begitu lama. karena kita membaca “satu persatu KATA” padahal kemampuan kita bisa lebih hebat dari itu…

maksudnya apa ? coba lihat beberapa kalimat dibawah ini

SEMOGA CEPAT SEMBUH

biasanya kita membaca kalimat diatas (mata kita bekerja seperti ini)

S-E-M-O-G-A              C-E-P-A-T           S-E-M-B-U-H

mata kita menyusuri kata demi kata satu persatu dan ini yang bikin mata kita lelah, dan waktu kita terpakai lebih lama.

padahal hampir dari kita semua bisa melakukan lebih hebat dari itu. misalnya, ketika kita sedang di kendaraan, dengan kecepatan tinggi, tapi tetap saja kita mampu membaca bacaan yang ada di papan reklame atau spanduk meskipun kita hanya melihat sekilas saja.

kenapa bisa seperti itu… karena kita melihat bukan hanya dengan menggunakan mata, tapi dengan menggunakan “pikiran kita” ini yang sering terlupakan..

misalnya coba baca kalimat dibawah ini:

apa yan terjadi jika kita membeli sebuah buku sjarah? mugkin pernyataan susah mencri sumbr ato tempat tpat untk membli buku sejarah itulah yang menjadi pertanyaan sebgian org. karena dibebrpa kota besar jarang skl ada toko bk sejarh yang lumayan lengkap.

………………………………

anda bisa membacanya kan? MESKIPUN ADA BEBERAPA KATA YANG KURANG HURUFNYA/TIDAK LENGKAP STRUKTUR KATANYA

itu artinya, mata kita memiliki kemampuan memotret, ketika kita melihat kata SMGA maka pikiran kita langsung mengatakan SEMOGA

dan begitupula kata kata lainnya, ini berarti… pikiran kita bisa membaca jauh lebih cepat hanya dg cara sekilas saja.

kembali ke teknik, ada satu teknik speed reading yang dulu pernah di ajarkan kepada saya ketika saya bimbingan skripsi dengan dosen saya. terima kasih kepada Bapak Bana Ginanjar Kartasasmita, Ph.D yang berkat ilmu beliau saya menjadi makin cinta membaca hingga saat ini… coba gerakan mata anda dengan alur seperti ini

jadi mata kita melihat secara sekilas setiap baris kalimat itu, dan mencoba untuk mengetahui apa yang dituliskan hanya dengan melihat sekian kata saja…. (sulit juga ya menerangkannya gimana hehe)

intinya, kalo mau praktek, coba untuk merubah alur membaca anda seperti diatas, dengan alur zig zag…. lalu setelah beres satu halaman anda baca, coba anda pikirkan, apa yang anda dapatkan dari “membaca sekilas itu”

KALO TERNYATA anda tidak mengingat apa apa???? wajar saja, saya juga dulu ketika pertama kali begitu, kepala malah makin puyeng, ga ngerti apapun yang dibaca, tapi ketika sering dilatih, asalnya sedikit, lalu coba yang banyak, makin lama makin terbiasa dan alhamdulillah….

sekilas tapi mampu menangkap IDE GAGASAN di setiap paragraf dengan efektif!!!

ketiga pengalaman

tak bisa dipungkiri, bila kita pernah membaca suatu kalimat seperti …… proklamasi…. dan seterusnya, dan saking seringnya kita menemukan kalimat itu maka bisa jadi kita hapal, dan ketika kita membaca buku dan menemukan kalimat ini lagi, maka apa yang kan kalian lakukan? MELEWATNYA!!!!

jadi semakin sering kita membaca buku atau artikel dg tema yang sama, makin cepat kita melewatinya karena kita pernah membaca kalimat kalimat itu.

sebagai contoh, dulu saya pernah sedang senang senangnya membaca mengenai sedekah, ada 2-3 buku yang saya lahap… dan ternyata, dari 2-3 buku itu hampir ditemui kalimat kalimat yang bermakna sama, definisi sama, pilihan kisahnya sama, ide gagasannya sama… jadi kecepatan membaca buku yang pertama, jauh lebih lama dari yang kedua, dan yang terakhir buku yang dibaca, hanya sebentar sekali… mungkin bisa dibilang, saya hanya mencari “apa yang belum saya tahu mengenai sedekah?”..

begitulah, pengalaman juga menentukan kecepatan membaca kita

 

so… mari kita coba, mungkin ini salah satu trik dan tips kita mengenai membaca, insyaAllah ada lanjutannya

tapi….. sebelum dilanjut, praktekkan dulu lah.. ^^d

 

Rumah Buku Iqro

~ bila membacamu sudah semakin cepat, perbanyak beli buku di tempat kami hehe ~

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s