tips managemen waktu : waktu adalah pahala!

Hari ini..Esok dan Seterusnya.. (Part 1)

 

Bacalah dengan nama TuhanMu yang Maha Pengasih dan Penyayang

Ini sebuah kisah tentang lempengan besi..

Sebuah lempengan besi dijual dengan harga 5 Dolar

Tapi, ketika lempengan besi dicetak menjadi tapal kuda..harganya menjadi 11 Dolar

Kemudian, jika lempengan besi itu dicetak menjadi jarum..harganya meningkat menjadi 355 Dolar

Apalagi ketika lempengan besi itu dicetak dalam bentuk pisau..ia berubah menjadi 2285 Dolar

Dan, jika lempengan besi itu dicetak menjadi kerangka jam, ia pun berubah harganya menjadi 250.000 Dolar!!

Ya, ini adalah lempengan besi. Yang jika semakin baik kita manfaatkan, maka ia memiliki harga jual yang lebih mahal.

Waktu ibarat lempengan besi, sejauh mana upaya yang dicurahkan untuk mengelola, mengorganisir dan mengoptimalkan pemanfaatannya, maka sejauh itu pula harga yang dimilikinya!”

Dan hari ini..mari kita bersama-sama kembali memahami sesuatu bernama waktu, agar diri kita kembali bersemangat untuk terus mempergunakannya secara bijak. Karena kami yakin, artikel dan materi-materi tentang manajemen waktu sudah sangat banyak kita jumpai. Tapi sekali lagi, kehadiran artikel ini hanyalah sarana untuk “kembali membangkitkan semangat kita”.. ya semangat kita, bukan hanya semangat Anda, tapi semangat Kita! Karena penulis pun menulis ini tidak lain dan tidak bukan adalah untuk menyemangati diri tentang betapa berharganya waktu. Semoga kita semua mampu menjadi seseorang yang beruntung dunia dan akhirat karena bisa memanfaatkan waktu. aamiin

Masih ingatkah dalam benak kita, sebuah nyanyian di masa TK (atau mungkin kini anak-anak kita yang menyanyikannya)

Senin Selasa, Rabu, Kamis,

Jumat Sabtu Minggu itu nama-nama hari..

Ya, setiap pekannya kita bertemu dengan nama-nama ini. Meski namanya selalu sama, tapi Senin hari ini tidaklah sama dengan senin minggu lalu, juga akan berbeda dengan senin yang akan datang.

Sama halnya dengan pagi, siang dan malam yang selama ini kita lalui.. meski mungkin udara, cahaya dan lain halnya sama, tetap saja yang kita hadapi saat ini berbeda dengan yang telah lalu dan yang akan datang.

Pernahkan terfikir dalam benak kita untuk kembali ke masa lalu? Kami yakin, semua orang pernah memiliki perasaan seperti ini. Hingga akhirnya muncullah film-film imajinasi yang menggambarkan seolah-olah waktu bisa kita putar ke belakang. Lihat saja kartun Doraemon, ada lebih dari 1 alat yang bisa membuat seseorang kembali ke masa lalu. Mesin waktu, kain kembali ke bentuk semula, dsb. Tujuannya hanya satu, “Memperbaiki apa yang salah di masa lalu untuk kebaikan masa depan.”

Sebegitu berharganya waktu, hingga jika saja waktu bisa dibeli maka seseorang yang sudah dalam keadaan menghadapi ajal, pasti mau membayar berapa saja asalkan usianya bisa diperpanjang. Namun sayangnya, karena kita merasa terbiasa menghadapi hari-hari, sering kita tidak sadar bahwa hari kita di dunia pasti berakhir. Pasti itu.

Yang jadi pertanyaanya, kalaupun waktu kita harus berakhir, sudahkah kita merasa tenang karena waktu yang selama ini kita gunakan memang kita pergunakan dengan baik?? Atau jangan-jangan selama ini waktu yang ada hanya kita gunakan untuk hal yang sia-sia?

Bismillah, kita akan belajar bersama-sama.. memahami waktu, kemudian memanajemennya hingga kita bisa meminimalisir penyesalan kita akan waktu yang terbuang sia-sia.

Mungkin bahasan akan terbentuk dalam beberapa artikel, semoga bisa setiap hari diterbitkan. Dan semoga, membaca artikel ini termasuk salah satu cara memanfaatkan waktu bukan malah menjadi hal yang sia-sia.

Ada beberapa kata-kata indah dari orang-orang yang mungkin bisa dikatakan berhasil menggunakan waktunya dengan baik, hingga mereka melahirkan karya-karya besar. Semoga membuat tumbuh dalam hati kita rasa ingin bersegera untuk memulai hidup baru.. “hidup yang setiap waktunya kita pergunakan untuk kebaikan.”

Sungguh! Mengherankan orang yang menyia-nyiakan sekejap waktu yang dilaluinya. Sebab sekali tasbih (subhanallah) akan dibalas dalam bentuk pohon kurma yg ditanam di surga, buahnya selalu melimpah dan keteduhan naungannya tidak hilang. Wahai orang yang khawatir terlewatkan oleh hal tersebut, teguhkanlah hatimu dengan mengharapkan ridha Allah, sebab hal tersebut(pemanfaatan waktu) dapat mengungkap kedudukan pelakunya saat ruh sudah keluar bahkan sebelum keluar ruh.”(Imam Ibnul Jauzi)

Aku tidak pernah menyesal melebihi penyesalanku pada hari yang Matahari tenggelam padanya, dan umurku berkurang dengannya, sementara amal (kebaikan) ku tidak bertambah padanya.” (Ibnu Mas’ud)

Sebagian ulama Salaf mengatakan, “Hal yang paling mahal ada dua, yaitu : hatimu dan waktumu. Apabila engkau menelantarkan hatimu dan menyia-nyiakan waktumu, maka berbagai manfaat akan meninggalkanmu.”

Masih banyak lagi hal yang bisa membuat kita sadar, bahwa waktu lebih berharga dari seluruh isi dunia ini, jika kita mau untuk mempergunakannya dengan baik.

“Seluruh kemarin telah terlewati. Hari ini kita disini, dimana saja. Esok?? Menggantung pada harap dan keputusan Sang Kuasa yang belum kita ketahui. Tapi hari-hari akan tetap datang dengan nama aslinya, dan nyanyian anak-anak itu pun artinya..

Senin Selasa, Rabu Kamis,

Jum’at Sabtu Minggu

Itu (tak sekedar) nama hari-hari…”

Insya Allah artikel ke 2 segera menyusul ^^ nantikan ya…

2 thoughts on “tips managemen waktu : waktu adalah pahala!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s