buku buku perubahan

kualitas seseorang itu bisa dilihat dari beberapa hal: siapa temannya? apa yang dibicarakannya? buku apa yang dibacanya? (anonim)

buku apa yang dibacanya? kalimat ini mengalir cukup penuh tanda tanya… apakah seberpengaruhnya bacaan terhadap tingkah laku seseorang? ia, berpengaruh cukup besar, bahkan sangat besar. Peran buku bagi sebagian orang bisa berperan juga layaknya seorang guru. Bahkan tidak jarang dia menjadikan buku sebagai -guru kehidupannya-.

membaca buku, layaknya bertemu dengan orang-orang yang sedang menasehatimu di hadapan muka. dan ada yang bermain di kepala kita terus menerus ketika membaca buku dilakukan. KATA. kata – kata hilir mudik pikiran kita, dan uniknya, dalam membaca buku “ada siaran ulang” atau kita bisa kembali membaca lagi kata-kata tertentu yang mengena ke hati kita. berbeda dengan berbicara langsung, kadang kita merasa “wah” ketika pertemuan itu, namun seiring berjalannya waktu, kita lupa. dan tidak ingat persis apa yang dikatakannya.

kelebihan buku adalah seperti itu, susunan katanya mampu kita jaga bila kita terlupa. karena hal itu tertulis, bukan hanya diingat. dan inilah bedanya ceramah, seminar dan forum dibandingkan dengan buku. buku bisa bertahan sekian ratus tahun. tapi ceramah dan lainnya, tergantung dari media penyimpannya.

buku buku perubahan, mengapa seperti ini?

banyak orang-orang besar, salah satu karakter yang terbentuk dalam kehidupan mereka adalah. banyak membaca! dan banyak mempelajari pengalaman orang lain. caranya bagaimana? banyak membaca! membaca dan mengambil sebuah hikmah dari bacaan-bacaan tersebut. lalu mengkristalkan pemahaman pengalaman baru dalam benak dan sikapnya. inilah modal utama. para ahli strategi menggunakan bacaan tuk mencari tahu kelebihan dan kelemahan musuhnya, lalu mencari tahu kondisi medan tempur dan mencari tahu segala informasi peperangan yang mungkin mereka dapatkan, yang mungkin mereka gunakan dalam memenangkan peperangan.

para ahli bisnis, membaca pengalaman pengalaman para pengusaha hebat dan mencari tahu “apa yang mereka lakukan dalam proses menuju keberhasilannya”. semua berawal dari bacaan. dari bacaan membentuk kesan, membentuk pemahaman, membentuk pengetahuan, membentuk pengalaman tambahan, lalu diwujudkan dalam tindakan, sehingga turut membentuk sikap, membentuk perilaku dan akhirnya kebiasaan, dari semua ini kan berujung pada karakter.

membaca, bukan berarti kita hanya membaca buku saja. karena seluruh yang ada di bumi ini, yang ada di alam semesta ini. segala hal yang mampu kita lihat dan tertangkap oleh panca indra kita. kita mampu membacanya dan mengambil manfaatnya. itulah hakikat hakikat membaca. dan BUKU BUKU PERUBAHAN itu, adalah segala hal yang bergerak dinamis di sekeliling kita. menunggu kita tuk diambil hikmahnya.

buku buku perubahan

 

kembali diingatkan lagi, buku buku yang kita baca, turut mendukung karakter kita kan seperti apa nantinya…. dengan catatan, kita menerima semua itu tanpa saringan, tanpa seleksi. buku adalah transfer ilmu satu arah, tak ada pertanyaan kita hanya mampu menerima. oleh karena itu. jangan pikiran kita dengan terus bertanya….

APAKAH YANG DITULISKAN DIBUKU INI BENAR ADANYA?

terus pikirkan dan renungkan, sehingga kita menjadi pembaca kritis, pembaca yang memang ingin berubah menjadi lebih baik. tidak asal baca, tidak asal nerima

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s