5

agar membaca menjadi lebih efektif

membaca efektif
agar membaca lebih efektif, mudah membaca
membaca dengan mudah cepat dan efektif. bagi setiap orang yang berhubungan dengan informasi, kemampuan membaca menjadi salah satu kunci “mempersingkat waktu” belajar. dan sekarang, membaca itu pasti dilakukan oleh semua orang, pelajar dan mahasiswa? jangan ditanya kita pasti butuh membaca yang efektif bukan? gimana tidak, tugas numpuk, waktu sedikit, tapi harus belajar juga, juga… harus baca-baca yang lain juga ^^

MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA

ada banyak cara untuk meningkatkan kemampuan membaca kita. dan yang kan kita bahas sedikit disini, tapi yang mesti kita ingat, ini adalah kemampuan, keahlian, artinya bisa kita latih tapi membutuhkan waktu juga. waktu yang kan kita korbankan bisa banyak bisa juga sebentar. tergantung dari usaha juga. jadi tetap kuatkan keyakinan sehingga tekad itu semakin muncul dalam diri kita.

PERTAMA

niatkan. segala sesuatu berasal dari niat. bayangkan kalo kita harus baca buku dengan tebal 600 halaman, tapi kita sama sekali TIDAK ADA KEINGINGAN untuk membaca itu! jelas, hasilnya sangat sulit. kalo seperti itu adanya, maka TERPAKSA membaca adalah yang terjadi. dan ini sangat tergantung dari tekad si pembaca itu sendiri.

kalo ternyata tidak ada beban dalam membaca. artinya kita tidak memiliki target tententu mengapa membaca itu, (seperti kita sedang membaca koran karena mengisi waktu) pasti ya biasa biasa saja. tapi jika kita ada beban, ada target yang harus kita fahami dengan membaca itu. ya pastinya hal ini akan menjadi sangat sulit. sangat sangat sulit….

jadi NIATKAN dulu kalo kita memang ingin membaca buku itu. dan kita ingin mencari sesuatu di buku itu.

NIATKAN – TEMUKAN APA YANG INGIN KITA CARI!

pertanyaan yang cocok dengan hal ini adalah, APA UNTUNGNYA KITA MEMBACA BUKU INI?

hanya itu yang menjadi hal utama dari poin pertama ini

KEDUA

bila ternyata kita ‘terpaksa’ membaca! atau dalam kata lain kita harus membaca hal yang tidak terlalu kita sukai. maka yang mesti kita perbaiki adalah. APA YANG AKAN KITA DAPATKAN DARI BUKU INI?

pertanyaan tersebut harus bisa anda jawab, dan temukan manfaatnya dari dalam diri anda. nah misalnya jawaban itu belum ketemu ketemu juga, tanya ke dalam diri anda APA KERUGIAN SAYA JIKA TIDAK MEMBACA BUKU INI?

pasti ada untungnya, pasti ada, dan ketika sudah menemukannya, langsung fokus terhadap hal itu, dan lewat semua kata yang tidak penting atau tidak sesuai dengan jawaban anda dengan kerugian ini. kalo ternyata kita tidak menemukannya juga. saran saya CARI BACAAN LAIN.

nah, sobat rumah buku iqro yang Allah muliakan, ini sederhana, dan bahkan masih dalam ranah hati. ranah keinginan. tapi hal inilah yang membuat seseorang bisa betah membaca buku sekian jam, betah membaca buku buku berat. karena hati mereka, keinginan mereka mengarah kesana.

MEMBACA ITU UNTUNG RUGI, jika kita bisa menemukan keuntungannya membaca buku itu, insyaAllah bacaan kita lebih terarah,

kalo kita bisa menghindari kerugian dari buku itu, insyaAllah bacaan kita lebih terarah juga.

nah, konsep UNTUNG RUGI ini pula, kuncinya satu hal. MEMBACA KITA BUKAN HANYA SEKEDAR MENGEJA KATA-KALIMAT-PARAGRAF  yang ada di buku tersebut. tapi MENCARI ILMU – INFORMASI yang nantinya kan MEMBUAT HIDUP KITA LEBIH BAIK. MEMBACA ANDA HARUS BERDAMPAK PADA HIDUP ANDA

jika sudah begitu, pasti kita kan betah membaca ^^

rumah buku iqro

2 thoughts on “agar membaca menjadi lebih efektif”

  1. Ulasan yang amat mengena bagaimana agar membaca menjadi lebih efektif. Kita menggunakan waktu seefektif dan seefisien mungkin untuk sesuatu yang bermanfaat. Membaca tidak sekedar ‘mengisi waktu’ dan mengeja kata-kata, tetapi kita mencari informasi dan ilmu yang membuat hidup kita lebih baik dan berdampak pada kehidupan kita. Gemar membaca hendaknya terus didorong sejak dini. Selamat dan sukses buat ‘Rumah Buku Iqro’.

    1. terima kasih buat ‘info seputar kita’ moga kita semua makin seneng membaca nih… kalo makin seneng baca, berpengaruh juga buat cara pandang kira melihat kehidupan.. jangan lupa tuk terus membaca!
      mohon tuk share sharenya mungkin ada nih ?^^
      ditunggu…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s